Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger


Bukan hanya Sir Alex Ferguson yang memprediksi Manchester United dan Chelsea sebagai calon kuat juara Liga Inggris musim ini. Pelatih Sunderland Steve Bruce pun menegaskan hal yang sama.

"Bagi saya, mereka atau Man United yang akan juara," kata Bruce ketika ditanya The Telegraph soal peluang Chelsea meraih gelar. "Jika ada tim lain finis di atas Chelsea, mereka juga akan memenangi liga."

Selain kedua tim itu, Bruce juga melihat Liverpool dan Manchester City sebagai pesaing berat papan atas Premier League. Meski demikian, kendali juara tetap diperankan oleh "The Blues" atau "The Red Devils".

"Chelsea punya pemain berkualitas seperti Drogba, Anelka, dan Lampard. Mereka semua dapat memenangi sebuah laga dan itu sebabnya mereka menjadi pemain top dan bermain di Chelsea. Itu sudah mendarah daging dalam diri mereka," lanjut pelatih yang pernah menjuarai Liga Inggris saat masih bermain di MU itu.

Meski Chelsea bertabur pemain bintang, Bruce tetap yakin timnya dapat mempersulit mereka pada laga kedua Liga Inggris, Rabu (19/8). Pada laga pertama akhir pekan lalu, "The Black Cats" harus mengakui kemenangan Bolton Wanderers dengan skor 1-0.
sumber : kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,

JAKARTA, KOMPAS.com -Tak ingin kalah dengan para pesaingnya dalam kualitas gambar yang dihasilkan dari ponselnya, Nokia meluncurkan 6700 classic. Nokia jenis ini didesian secara khusus bagi mereka yang suka mengabadikan gambar melalui handset.

Produk Nokia ini memungkinkan orang mendapat gambar ataupun video dengan kualitas baik. PasalnyaNokia seri ini dilengkapai dengan 5 megapixel camera dengan autofocus, foto, video, dan sharing online.

"Nokia seri ini memang dikhususkan bagi orang-orang yang stylish dan tidak terlalu mementingkan fitur yang canggih. Kamera dengan 5 mega pixel agar pengalaman mengambil gambar bisa indah," ujar Legi Sugianto, Manager Marketing Nokia Indonesia dalam workshop di Jakarta, baru-baru ini.

Selain berkamera 5 megapixel, produk ini menawarkan apa yang umumnya orang ingin nikmati pada ponsel berkamera seperti layar 2,2 inchi, QVGA 167 juta warna, menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Terdapat juga koneksi HSUPA untuk akses data berkecapatan tinggi yang mempermudah proses sharing foto atau video. Memory internal 170 MB ditambah memori mikro SD 8 GB. Baterai bisa bertahan sampai 4 jam waktu bicara dan dalam kondisi standby selama 300 jam.

Meski fokusnya pada kamera, Nokia 6700 klasik ini juga dilengkapi dengan fasilitas internet dengan Nokia OSS browser dan HSDPA. Selain itu terdapat juga GPS dengan Nokia Map, radio dan MP3 player. "USB-nya juga bisa nge-charge, tinggal sambungkan ke laptop atau komputer," ujarnya.

Nokia seri ini, tampil dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan crom. Produk ini baru saja dipasarkan dengan harga per unitnya sekitar Rp 3 juta.
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,

Oleh YUNI IKAWATI

Open Source Software dikembangkan di Indonesia dengan beragam tujuan. Termasuk juga untuk membuka akses bagi penyandang tunanetra. Karya inovasi ini diperagakan pada Ritech Expo 2009 yang berakhir Senin (10/8), bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Keterbatasan, bahkan ketiadaan indera penglihatan, kini memang bukan masalah lagi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa sistem komputer dan telepon serta layanan multi multimedia yang disuguhkan.

Hal itu dimungkinkan karena ada sistem peranti lunak antarmuka atau interface dan sistem sensor yang memungkinkan penyandang tunanetra memanfaatkan kemampuan indera pendengaran dan perabaannya untuk berkomunikasi dengan komputer.

Karya inovasi di bidang TIK yang terkait dengan sistem interaktif manusia-komputer itu ditampilkan Yayasan Mitra Netra, IGOS (Indonesia Go Open Source), dan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) pada Ritech Expo 2009 di Plaza Barat Gelora Bung Karno.

Di Yayasan Mitra Netra, dua remaja tengah asyik di depan layar komputer. Di kepala mereka terpasang headphone yang menutup kedua telinga mereka. Rupanya mereka tengah memperagakan game atau permainan pingpong bagi tunanetra yang disebut A-Pong.

Permainan pingpong penyandang tunanetra melawan komputer dimungkinkan lewat panduan suara dari headphone. Bila bola mengarah ke kiri, bunyi "tak" akan terdengar di headphone di telinga kiri dan sebaliknya. "Sedangkan bila mengarah ke tengah meja, kedua headphone akan berbunyi," ujar Hananta Mahendra dari Yayasan Mitra Netra.

Kemenangan bagi pemain bergantung pada kemahiran atau kecepatan jari memencet tombol yang sesuai untuk mengarahkan bola pingpong. Jalannya permainan itu juga ditampilkan pada layar komputer.

Game online untuk tunanetra itu berbasis peranti lunak open source. Ditambahkan Kemal Prihatman, Asisten Deputi Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT), game online permainan pingpong atau tenis meja yang disebut A-Pong ini merupakan yang pertama di dunia didesain untuk tunanetra berbasis open source.

Game A-Pong dikembangkan oleh komunitas yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain para mahasiswa dari ITB yang tergabung dalam Sangkuriang Studio, yang mendapat dukungan dari KNRT, dalam pengembangan sistem operasinya. A-pong merupakan turunan dari Nusantara Online yang telah dibuat kelompok itu sebelumnya. Peranti lunak ini dapat diakses melalui intranet dan internet secara gratis.

Nusantara Online dirancang oleh peneliti di Laboratorium Sistem Kendali dan Komputer ITB. Karya mereka ditampilkan pada Stan IGOS. Nusantara Online dibangun di atas mesin bernama Angel (Another Game Engine Library) menggunakan program opensource. Kemampuan Angel setara dengan mesin game kelas tinggi dan mampu menciptakan obyek tiga dimensi dengan tampilan yang nyata.

Pembaca teks

Di Kampus Ganesha ini juga dikembangkan teknologi pembaca teks petunjuk operasi dan dokumen di layar komputer atau disebut screen reader yang akan menuntun penyandang tunanetra mencapai akses informasi dan komunikasi yang luas.

Inovasi yang disebut openbook ini membantu penyandang tunanetra membuka akses ke internet, bahkan berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengguna internet melalui jejaring sosial global, antara lain Facebook.

Menurut Abimanyu dari Yayasan Mitra Netra, program pembaca teks telah mulai dikembangkan di Amerika Serikat tahun 1970-an, tetapi baru masuk ke Indonesia tahun 1990-an, yaitu versi JAWS yang kini telah sampai versi 9. Saat ini aplikasi screen reader bagi tunanetra antara lain dihasilkan Ubuntu berbasis OSS, yang disebut Orca.

Baru belakangan ada upaya mengindonesiakan panduan dan pembacaan teksnya. Untuk itu, Ario Bimo, peneliti dari ITB, memodifikasi JAWS versi 7.10. Pada prototipe ini teks yang dipindai kemudian dikonversikan oleh openbook, kemudian komputer akan membacanya kata per kata secara otomatis. Untuk itu sebelumnya telah dimasukkan ke dalam komputer perbendaharaan kata dari kamus hingga 10 miliar kata.

"Game" interaktif

Pengembangan game interaktif juga dilakukan mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro ITS, Hendra Hermawan, di bawah bimbingan Harris Pirngadi, Ketua Laboratorium Sensor dan Aktuator ITS. Untuk menghasilkan simulator game interaktif atau game Tekken, mereka menerapkan sensor atau transduser ultrasonik untuk pengendali PlayStation dan limit switch.

Sensor ultrasonik untuk mendeteksi gerak reaksi pengguna game. Adapun sensor limit switch yang diletakkan pada setiap pergelangan tangan dan kaki digunakan sebagai deteksi gerakan memukul dan menendang. Menurut Harris, game ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk penyandang tunanetra berbasis opensource.

sumber: kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: , ,



Pasar netbook masih terus marak, seiring semakin banyaknya pilihan netbok yang bisa dipilih pengguna. Kini giliran Point of View menelurkan netbook generasi keduanya, yakni mobii NB9010.

Di bagian casing-nya yang berwarna biru, terdapat lampu LED sebagai indikator yang akan berkedap-kedip merah bila baterai netbook ini sudah mencapai titik kritis. Jika baterai sudah terisi penuh kembali, lampu kecil tersebut akan berubah warna menjadi hijau.

Seperti produk lainnya, Point of View juga membenamkan prosesor Intel Atom N270 pada mobii. Dari segi fisik, baterai produk ini memiliki tonjolan yang terlihat jelas di dekat engsel monitor dan keyboard. Warna baterai yang hitam sangat cocok dengan warna casing biru tuanya. Baterai 6 selnya berkapasitas 4400 mAh. Dalam pengujian, baterai ini mampu dipakai secara terus-menerus selama 5 jam.

Dari segi konektivitas, netbook ini dilengkapi dengan berbagai port penghubung. Pertama terlihat deretan port USB 2.0 pada bagian sebelah kanan netbbok yang tersusun rapi disertai dengan port VGA. Kedua, terdapat card reader, yang dapat menampung kartu memori SD, MS, dan MMC. Card reader ini berada di pojok kanan netbook ditemani port microphone in dan headphone.

Netbook mobii menghadirkan papan keyboard dengan tombol yang cukup besar ( 92% dari keyboard normal) meskipun jarak antartombolnya masih agak sempit. Sementara pada touchpad-nya yang berlapis chrome, terdapat dua tombol yang menyatu, masing-masing berfungsi sebagai tombol klik kiri dan sebagai tombol klik kanan. Touchpad ini sendiri cukup responsif untuk mengikuti gerakan jari kita.

Netbook mobii juga dilengkapi dengan memori 1 GB DDR2, dan hardisk SATA berkapasitas 160 GB. Juga terdapat fungsi nirkabel Wi-Fi, webcam 1,3 megapixel, port VGA-out serta port LAN untuk menghubungkan netbook ini ke LAN via jaringan kabel 10/100 Mbps.

Point of View memang belum banyak mengeluarkan seri netbooknya dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Meskipun demikian, daya tahan baterainya membuat netbook ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan netbook (khususnya dengan daya tahan daya baterai yang cukup lama).

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Baterai tahan lama, keyboard cukup nyaman

MINUS: Bentuk baterai besar, speaker internal kurang bertenaga.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4,2
Fasilitas : 4
Penggunaan: 3,8
Harga : 4
SKOR TOTAL: 4,02

SPESIFIKASI Point Of View Mobii NB9010
Prosesor: Intel Atom N270 1,6GHz (Cache L2 512KB, FSB 533MHz )
RAM: DDR2 1GB
Chipset: Mobile Intel Calistoga-GME i945 GME
Kartu Grafis: Intel GMA 950
Harddisk: Fujitsu (160 GB, 5400 RPM, SATA-II)
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: LAN, Wi-Fi 802.11 b/g, 4-in1 card reader, 3 USB, kamera Web 1,3MP, port VGA, port Ethernet 10/100, port mic, port headhone
Layar: 10,5" WXGA 1024x600 pixel
Kartu suara: Realtek HD Audio output
Sistem Operasi: Linux Ubuntu
Batere: 4400 mAh
Dimensi: 25,5x18,5x (3,1 -4,5) cm
Bobot: 1, 37kg dan 1,72kg (+ Charger)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.pointofview-online.com
Harga kisaran*: Rp3.750.000
* Dinamika Perkasa Jaya (DPJ), (021) 601-2974
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: , ,

Setelah menguji sekian banyak netbook, InfoKomputer sampai pada kesimpulan kalau harga netbook tidak akan jauh berkisar di angka Rp. 4 jutaan. Dengan komponen yang mirip-mirip, faktor yang membedakan antar netbook paling-paling cuma kapasitas harddisk, kapasitas baterai, dan kelengkapan fasilitas pendukung.

Namun ternyata InfoKomputer salah. Adalah Byon Chameleon seri N610 XPGA-A yang menggugurkan teori di atas. Dibandrol di angka Rp. 3,8 juta, netbook ini adalah yang termurah dari semua netbook yang ada di pasaran saat ini.

Mungkin karena harddisknya kecil? Tidak juga. Kapasitas harddisk Byon setara dengan netbook lain, yaitu 160GB. Kapasitas baterainya pun 4400 mAh, justru lebih besar dibanding beberapa netbook yang cuma 3600 mAh.

Fasilitas standar netbook pun tetap ada, mulai dari Wi-Fi, Ethernet, Webcam, dan card reader. Bahkan netbook ini memberikan fasilitas lebih dibanding netbook standar, seperti Bluetooth dan modem dial-up. Oke, modem dial-up mungkin jarang yang menggunakan, namun Bluetooth pasti banyak yang butuh untuk bertukar data dengan ponsel dan perangkat ber-Bluetooth lainnya.

Netbook dengan layar 10,2” ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows XP Home Edition. Sebagai aplikasi pendukung, Byon menyertakan antivirus Kaspersky dan Microsoft Works. Yang terakhir adalah versi sederhana dari Microsoft Office, yang terdiri dari aplikasi penyunting dokumen, database, spreadsheet, kalender, dan kamus. Namun jika Anda ingin menggunakan sistem operasi alternatif, di dalam CD Driver Byon Chameleon terdapat FOS Recovery. OS berbasis Linux ini bisa booting via USB flash disk, sehingga Anda tetap memiliki alternatif meski tidak memiliki perangkat optik eksternal.

Performa Chameleon bagus. Mengandalkan prosesor Intel Atom N270 dan memori 2 GB DDR2-667MHz, netbook ini memiliki kemampuan sedikit lebih baik dibanding Zyrex Bee 103G. Hal lain yang penting dicatat adalah daya tahan dalam mode baterai yang mencapai 3,5 jam saat memutar video HD 720p.

Byon Chameleon hadir dalam casing warna hitam glossy yang belakangan kian ngetren itu. Desainnya sedikit meninggi di sisi belakang untuk mengakomodasi ukuran baterai yang cukup besar.

Ketika dicoba mengetik, InfoKomputer tidak merasakan kesulitan berarti. Ukuran setiap tombol terasa pas, begitu pula dengan tolakan ketika ditekan. Satu hal yang sedikit mengganggu adalah tombol Shift di sisi kiri yang agak kecil sehingga sempat membuat kagok. Namun setelah terbiasa, masalah tersebut tidak lagi terasa mengganggu.
***

Biasanya InfoKomputer bisa mencari kelemahan dari sebuah netbook berharga murah, namun tidak untuk Byon Chameleon N610 XPGA-A. Netbook ini memberikan kombinasi harga, performa, dan fasilitas yang paling pas saat ini. Bahkan jika Anda ingin sedikit lebih irit, tersedia Byon Chameleon dalam versi memori 1GB dengan harga Rp. 100 ribu lebih murah. Jadi Byon Chameleon adalah netbook terbaik yang bisa Anda pilih saat ini. Tidak heran jika InfoKomputer menyematkan penghargaan Platinum ke netbook ini.

Sumber: InfoKomputer


PLUS: Harga kompetitif; ada Bluetooth dan modem dial-up; daya tahan baterai lama

MINUS: Tombol Shift relatif kecil; bobot 1,3 kg.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4,7
Fasilitas : 4,6
Penggunaan : 4,4
Harga : 4,6
SKOR TOTAL : 4,6

SPESIFIKASI Byon Chameleon
Prosesor: Intel Atom N270 1,60GHz (Cache L2 512KB, FSB 1333MHz )
RAM: DDR2 2GB
Chipset: Intel Calistoga-GME i945GME
Kartu Grafis: Intel GMA 950
Harddisk: Seagate 160GB
Optical drive:Tidak Ada
Fasilitas: LAN, Wi-Fi 802.11 a/g, Bluetooth, card reader, 3 USB, kamera Web 1,3MP, port VGA, modem, jack mike, jack headphone
Layar: 10,2”, 102x768 pixel
Kartu suara: Realtek HD Audio output
Sistem Operasi: Windows XP Home Edition
Batere: 4400 mAh dan 48,84 Wh
Dimensi: 25x18,2x (2,5 – 4,7) cm
Bobot: 1,33kg (1,66kg + kabel adapter)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.byon.co.id
Harga kisaran*: Rp. 3,69 juta


sumber: kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: , ,

Ada fitur menarik dari blogger.com yaitu Scheduled Posts. Dengan adanya fasilitas Scheduled Posts kita dimudahkan dalam melakukan pengaturan jadwal posting.

Kapan saja kita mau artikel dipost, secara otomatis sistem akan melakukannya. Enggak perlu begadang. Misalkan kita ingin tulisan saat ini di publikasikan minggu depan. Caranya tinggal mengatur saja waktu postingan.

Cara melakukan setting Scheduled Posts:
1. Masuk ke http://draft.blogger.com/
2. Jika belum Login, silahkan login terlebih dahulu.
3. Pada halaman posting pilih "Pilihan Posing" atau “Post Options” arahkan ke Posting tanggal dan waktu yang kita inginkan.
4. Silakan atur tanggal dan jam kapan postingan kita akan diterbitkan.

Ketika kita menekan tombol Mempublikasikan secara otomatis postingan kita akan terjadwal dan akan diterbitkan sesuai waktu yang sudah tentukan. Jika ingin menghentikan penjadwalan tinggal simpan saja sebagai draft.


sumber : kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,

Didier Drogba menjadi pahlawan Chelsea. Menjamu Hull City di Stamford Brige, Sabtu (15/8), "The Blues" sempat kesulitan dan tertinggal. Namun, dua gol Drogba membuat Chelsea menang 2-1.

Meski menekan sejak awal, Chelsea sempat kesulitan membongkar pertahanan Hull. Bahkan, mereka tertinggal lebih dulu kala gawang Petr Cech dibobol Stephen Hunt menit ke-27. Beruntungf, Didier Drogba mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-37.

Chelsea sebenarnya langsung bisa menguasai permainan. Bahkan, baru menit kedua, Didier Drogba seharusnya bisa membukukan gol. Menerima umpan silang dari Bosingwa, dia tak terkawal. Sayang, tendangan voli Drogba terlalu melebar.

Meski begitu, Chelsea masih terus menekan. Frank Lampard membuat gerakan yang mampu mengacau pertahanan lawan. Namun, pertahanan Hull sangat disiplin, sehingga sulit ditembus.

Pada menit ke-25, gawang Hull benar-benar terancam. Kombinasi Lampard dan Drogba membuat pertahanan "The Tigers" terbuka. Florent Malouda yang mendapat umpan, sebenarnya berpeluang mencetak gol. Tapi, dia terburu-buru, hingga tendangannya hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Hull mencoba bangkit dan melakukan serangan balik dengan cepat. Aksi ini tampaknya kurang diantisipasi oleh para pemain Chelsea. Pada menit ke-27, Hull justru membuat tuan rumah terdiam, ketika Stephen Hunt membobol gawang Petr Cech.

Serangan ini begitu cepat. Berawal dari tendangan jarak jauh, Boateng mampu menyambut bola dan melepaskannya ke gawang Chelsea. Bola bisa diblok Cech, namun mengarah kepada Hunt. Tanpa kesulitan, Hunt meneruskan untuk menggoyang jala Chelsea.

Tertinggal 0-1, Chelsea langsung menaikkan tempo permainan. Mereka mencoba menekan dari berbagai sisi. Setelah susah payah, usaha mereka menghasilan gol penyama kedudukan pada menit ke-37 lewat Didier Drogba.

Dari jarak sekitar 15 meter, Didier Drogba melepas tendangan keras dan langsung gol. Ini memacu semangat Chelsea untuk terus menekan.

Menit ke-41, Michael Essien melepaskan tendangan ke gawang. Tendangannya sudah kencang mendatar, tapi Myhill lebih dulu menjatuhkan diri dan menangkap bola.

Memasuki babak kedua, Chelsea kembali menekan habis-habisan. Namun, pertahanan Hull sangat kokoh. Chelsea hanya mampu membuat beberapa peluang, tanpa mampu menambah gol.

Formasi berlian ala Carlo Ancelotti sebenarnya berjalan bagus. Hanya saja, permainan mereka sering kurang kreatif, hingga mudah diantisipasi oleh Hull. Selain itu, kiper Hull, Myhill, tampil gemilang. Beberapa kali dia mampu mematahkan serangan Chelsea.

Di menit-menit terakhir, Hull sebenarnya tampak mulai kendor dan lelah. Namun, ini kurang mampu dimanfaatkan Chelsea. Serangan Frank Lampard dkk masih kurang tajam.

Namun, di menit terakhir, Didier Drogba tampil sebagai pahlawan yang membongkar kebuntuan. Dia membobol gawang Myhill untuk membawa Chelsea menang 2-1. (HPR)

Susunan Pemain
Chelsea: Cech, Bosingwa, Ivanovic, Terry, Ashley Cole, Essien (Kalou 65), Mikel (Mancienne 78), Belletti (Ballack 27), Malouda, Drogba, Anelka

Hull: Myhill, Ricketts, Turner, Kilbane, Dawson, Garcia (Cousin 81), Marney, Boateng, Barmby (Mendy 68), Geovanni (Folan 54), Fagan


sumber : kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,

Tirai Premier League 2009/2010 segera dibuka. Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Inggris itu akan dimulai akhir pekan ini. Sebagai juara bertahan, Manchester United mendapatkan banyak sorotan. Hal itu tak lepas dari kurang mengesankannya persiapan United.

Kekalahan 1-4 lewat adu penalti dari Chelsea di ajang Community Shield , Minggu lalu (9/8) menjadi warning bagi United. Setelah ditinggal Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez, lini depan Setan Merah - julukan United - tampak tak lagi menakutkan. Dua pemain anyar, yakni Michael Owen dan Antonio Valencia, pun belum memberikan kontribusi maksimal.

Di sisi lain, para pesaing United terus berbenah. Chelsea, misalnya, semakin solid seiring kehadiran pelatih baru asal Italia Carlo Ancelotti. Sebelum meraih trofi Community Shield, Ancelotti sukses membawa The Blues - julukan Chelsea - menjadi yang terbaik di ajang World Football Challenge (WFC) di Amerika Serikat (AS).

United bukan tanpa persiapan. Klub raksasa Inggris itu memadukan kekuatan dengan menggelar tur Asia dan mengikuti turnamen pramusim. Tapi, hasilnya pun kurang menggembirakan. Setan Merah kalah adu penalti dari Bayern Munchen pada final Piala Audi.

''Ada banyak pemain hebat yang pergi dari klub ini sebelumnya. Tapi, manajer selalu mampu mengatasinya. Kami pernah kehilangan Bryan Robson dan kemudian Eric Cantona. Tapi, dua musim berikutnya kami juara Liga Champions,'' kata Ryan Giggs, penggawa senior United, seperti dilansir Telegraph.

United boleh menguasai tiga edisi terakhir Premier League. Namun, beban mempertahankan gelar musim ini semakin berat. Beruntung, jadwal di pekan-pekan awal cukup membantu Setan Merah.

United akan menjamu tim promosi Birmingham City pada laga perdana di Old Trafford pada Minggu nanti (16/8). Setelah itu, Giggs dkk akan meladeni Burnley pada pekan kedua. Setelah meladeni Wigan Atletic (22/8), United baru menjamu lawan berat di pekan keempat (29/8), yakni Arsenal.

United terbilang kerap telat panas di awal musim. Itu terjadi pada dua musim terakhir. Nah, hal itu bisa dimanfaatkan oleh para pesaingnya. Pelatih Liverpool Rafael Benitez menilai, jika United mengawali musim ini dengan buruk, mereka akan kembali berburu pemain.

''Terlihat jelas United telah kehilangan sesuatu tanpa Ronaldo dan Tevez. Mereka masih punya banyak pemain berkualitas. Ferguson masih punya banyak uang. Tapi, jika sesuatu tidak berjalan baik, akan ada pembelian besar,'' kata Benitez seperti dkutip Tribalfootball.

Kekalahan dari Chelsea menjadi pertanda. Apalagi, di awal musim ini United kehilangan beberapa pemain penting karena cedera. Di antaranya Edwin van der Saar (kiper), Nani (gelandang), dan Nemanja Vidic (bek).

Meski begitu, Ancelotti menilai United tetaplah tim yang tangguh. ''Manchester adalah lawan yang sangat penting karena mereka tim yang hebat. Mereka punya banyak pemain berpengalaman,'' ungkap mantan pelatih AC Milan itu seperti dilansir Reuters.

Hasil di Community Shield sedikit merubah bursa taruhan. Kini Chelsea lebih dijagokan merebut trofi Premier League daripada United. Tapi, kompetisi nan panjang belum dimulai. Semua kemungkinan bisa terjadi.
sumber: kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,


Terlepas dari disiplin ilmu apapun, mahasiswa di era saat ini harus pandai-pandai menyikapi berbagai kesempatan untuk terjun ke dunia kerja dan masyarakat, salah satunya adalah dengan membekali diri dengan jiwa kewirausahaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Canggih Setiabudi, mahasiswa jurusan Kimia fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) di akhir kegiatan Sampoerna Best Student Visit (SBSV 200), di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (7/8).

"Konsep wirausaha dan ilmu kimia yang saya pelajari sangat cocok, karena kimia itu kan ilmu dasar dan saat ini kami sudah dibidik oleh universitas ke arah aplikasi, yaitu ke bentuk yang namanya wirausaha, tinggal mempraktekkan saja dasar-dasarnya," ujar Canggih, yang tahun ini duduk di tingkat akhir.

Bagi Canggih, teori di bangku kuliah tidak cukup kendatipun kelak ia bergelar insiyur. Pembekalan di luar kelas seperti pendalaman materi aplikasi bisnis, bisnis manajemen, diskusi dan observasi dari para pemilik pengalaman bisnis terasa jauh lebih penting.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh Tya Arizona, mahasiswi semester tujuh Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Tya menandaskan, pendidikan wirusaha kini semakin dibutuhkan mengingat semakin tingginya angka penggangguran setiap tahun di Indonesia.

"Jumlah lulusan semakin banyak dan sayangnya tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang ada, sehingga yang dibutuhkan saat ini bukan lagi tenaga kerja tetapi para pembuat pekerjaan," ujarnya.

Mengawinkan Ilmu

Saat ini, Canggih memang sangat butuh wawasan yang lebih jauh soal wirausaha. Hal tersebut untuk mendorong keilmuwan yang selama ini didapatkannya di bangku jurusan Kimia.

Bukan tanpa sebab atau alasan lain yang berbau filosofis, Canggih mengatakan demikian. Pasalnya, Canggih ingin betul memanfaatkan ilmu wirausaha untuk "menjual" penemuannya di bidang kimia baru-baru ini, yaitu sebuah anti bakteri dari senyawa di dalam kepiting.

"Dari senyawa anti bakterinya saja sudah bisa menguntungkan, apalagi nanti jika dimanfaatkan di industri tekstil kain, tentu akan lebih menguntungkan. Hal ini masih saya bicarakan dengan pihak universitas," kata Canggih.

Sementara itu, bagi Tya Arizona, kepeduliannya pada bidang pendidikan dijadikan langkah yang mantap untuk menekuni bidang wirausaha. Tya mengatakan, ilmu manajemennya itu akan ia gunakan untuk mengelola sebuah rumah baca atau rumah singgah.

"Saya akan mengelola bisnis terkait pendidikan, apakah itu kursus bahasa, perpustakaan atau lembaga pendidikan formal, yang penting bisa menyatukan antara bisnis, kepedulian sosial, dan pendidikan," ujar Tya, mantap.

sumber: kompas.com

Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label:

Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mulai mewaspadai perubahan Chelsea musim depan. Menurutnya, kehadiran Carlo Ancelotti sebagai pelatih "The Blues" akan menambah kekuatan pesaingnya di Liga Inggris itu.

Sejak ditangani oleh Ancelotti, Chelsea tidak pernah mengalami kekalahan dalam duel pramusim mereka. John Terry cs bahkan tampil sempurna di ajang World Football Challenge di Amerika Serikat dengan menggebuk semua musuhnya, termasuk Inter Milan dan bekas klub asuhannya, AC Milan.

Kesuksesan itu membuat Don Carletto semakin yakin dengan formasi baku 4-4-2 yang digunakannya selama ini. Penerus Guus Hiddink itu akan memodifikasinya menjadi formasi berlian di sektor tengah. Inilah yang diwaspadai Ferguson sebelum mereka saling berhadapan dalam duel Community Shield di Stadion Wembley, Minggu (9/8).

"Carlo akan mengambil tongkat estafet dari Guus Hiddink," kata Ferguson kepada The Times of India. "Meskipun Carlo memiliki sistem permainannya sendiri, dengan formasi berlian di tengah, Chelsea punya banyak pengalaman dan banyak pemain hebat."

Ferguson menambahkan, selain faktor pelatih, kekuatan Chelsea juga muncul dari para pemainnya, terutama Terry. Kapten tim sekaligus kapten Inggris itu akan menjadi motivator bagi rekan-rekannya yang lain, sekaligus mematikan gerak Wayne Rooney dkk.

"Chelsea akan kuat. Mempertahankan John Terry akan membuat mereka semakin kuat, itu tak dapat diragukan. Dia berpengalaman, dia kapten Inggris, dan dia bagus di tengah," tambah Ferguson.

Musim lalu kedua tim bertemu dua kali, semuanya dalam laga Premier League. Pada pertemuan pertama di Stamford Bridge, kedua tim bermain imbang 1-1. Di Old Trafford, MU mengganyang "The Blues" dengan skor 3-0 sebelum pelatih Luiz Felipe Scolari dipecat dan digantikan oleh Hiddink.
sumber : kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label:



Dell pada hari Selasa menapakkan kakinya memasuki teritori notebook berukuran penuh ultra portabel yang diterobos Apple dengan MacBook Air dengan mengeluarkan produknya sendiri Adamo yang berharga bahkan lebih mahal daripada MacBook Air. Dell sudah sudah mulai menerima pesanan untuk Adamo di AS dan Adamo akan mulai dijual minggu depan.

Adamo memiliki layar LED backlit berukuran 13,4 inci dengan rasio 16:9 HD, Dell juga menyatakan bahwa Adamo merupakan notebook paling tipis di dunia dan merk Adamo "terinspirasi oleh gaya, merk mewah dan desain abadi untuk menantang persepsi manusia tentang bentuk sebuah komputer." Klaim tentang laptop berukuran tertips di dunia ini walaupun ada benarnya, tetapi akan menjadi bahan perdebatan karena walaupun sisi belakang MacBook Air lebih tebal dari Adamo, sisi depan MacBook Air (tempat di mana trackpad terletak) tetap berukuran lebih tipis dari Adamo.

Dijual dengan harga $1,999, Adamo datang dengan CPU ultra low voltage 1.2GHz Core 2 Duo dengan Intel integrated graphics, RAM sebesar 2GB dan SSD berkapasitas 128GB. Opsi ini dinamakan sebagai "ADMIRE" di situs resmi Dell. Model Adamo yang lebih mewah dinamakan "DESIRE" dan dibanderoli $2.699. DESIRE memiliki spesifikasi CPU 1,4GHz, RAM sebesar 4GB dan datang dengan sebuah modem 3G. Kedua model Adamo datang dengan Ethernet, DisplayPort untuk output video, tiga konektor USB, baklit keyboard) dan baterai yang mampu bertahan hingga 5 jam. Adamo mengemas Windows Vista Home Premium SP1 64-bit.

Adamo datang dengan dua opsi warna yaitu "Onyx" dan "Pearl."
di ambil dari udaramaya.com

Di bawah ini tutorial video Laptop Adamo,
di mana desainer Dell Nicolas Denhez menjelaskan inspirasi di belakang desain Adamo.

Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label:


Mulai Senin, 10 Agustus nanti, masyarakat sudah bisa membeli uang khusus pecahan Rp 2.000 tahun emisi 2009 dalam bentuk uang kertas bersambung.

Hal ini terkait dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.11/22/PBI/2009 tanggal 24 Juni 2009 tentang Pengeluaran dan Pengedaran Uang Khusus Pecahan 2.000 (dua ribu) Tahun Emisi 2009 Dalam Bentuk Uang Kertas Bersambung.

Menurut pengumuman Bank Indonesia, Rabu (5/8), pihaknya menyediakan dua jenis uang kertas bersambung ini, yakni jenis isi 2 bilyet (yakni dua pecahan Rp 2.000 bersambung, dengan nominalnya Rp 4.000) seharga Rp 50.000 per set; serta isi 4 bilyet (empat pecahan Rp 2.000 bersambung, dengan nominal Rp 8.000) seharga Rp 80.000 per set.

Untuk membeli uang koleksi ini, masyarakat bisa dapat datang langsung ke loket kas Bank Indonesia, Lantai 1 Gedung C, Jalan MH Thamrin No 2 Jakarta Pusat, mulai pukul 08.00-12.00 WIB dan mengisi formulir yang telah disediakan. BI hanya menerbitkan uang khusus ini sangat terbatas.

BI juga masih memberikan layanan kas uang kertas bersambung pecahan 20.000 dan pecahan 100.000.

Sebelumnya BI resmi meluncurkan pecahan uang kertas Rp 2.000 pada 9 Juli 2009. Uang kertas Rp 2.000 itu bergambar Pangeran Antasari, yang merupakan pahlawan nasional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain itu, di bagian belakang berlatar tarian adat Dayak.

Sumber : Kompas.com

Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label:

Evolusi penggerak mobil dari mesin bensin ke hibrida dan listrik juga akan diikuti teknologi informasi yang ditayangkan melalui panel instrumen, atau di Indonesia lebih dikenal dengan meter kombinasi. Sistem informasi digital atau telematik pun semakin dalam penetrasinya ke mobil.

Munculnya sistem tayangan informasi mobil baru ini tidak lepas dari kerja mobil hibrida yang lebih rumit. Informasi yang harus ditayangkan pun lebih banyak dibandingkan mobil bermesin bensin atau diesel mutakhir.

Pada mobil hibrida dan listrik, banyak energi yang tersisa di baterai, dan hal itu harus diinformasikan secara terus-menerus. Begitu juga jarak yang bisa ditempuh berdasarkan energi di dalam baterai. Dengan demikian, pengemudi merasa lebih aman dan nyaman.
Dapat direkonfigurasi. Kondisi tersebutlah yang membuat Yazaki North America Corp membuat prototipe panel instrumen yang bisa diubah-ubah tayangannya (customized). Alhasil, layar panel instrumen pun mirip komputer kecil. Bisa jadi, itu lebih canggih dibandingkan dengan netbook yang bisa dibawa-bawa seperti agenda kecil. Layar panel instrumen bisa diubah konfigurasi dan citra latar belakangnya.

Terakhir, Yazaki berhasil membuat prototipe kelompok instrumen yang dapat direkonfigurasi sebagai dasar layar peraga buat mobil hibrida dan listrik. Panel tersebut menayangkan informasi dalam bentuk grafik tiga dimensi pada satu layar LCD.

Tayangan pada panel instrumen makin beragam berkat dukungan dari industri mikrocip. Untuk prototipe meter kombinasi tiga dimensi ini, Yazaki menggunakan prosesor Freescale Semicondutor MPC5121e. Komputer mikro itu lantas dihubungkan ke LCD dari lapisan tipis transistor resolusi tinggi yang dikenal dengan thin-film transistor (TFT).
OS Linux. Menurut John Vincent, Product Marketing Microcontroller Solution Group untuk Freescale Semiconductor, ini bukan kali pertama prosesor MPC5121e digunakan buat panel instrumen mobil. Namun yang menarik, prototipe meter kombinasi yang dibuat Yazaki ini bekerja dengan sistem operasi Linux dan driver grafik Open GL.

“Inilah untuk pertama kalinya Yazaki menggunakan sistem operasi Linux dan Open GL untuk panel instrumen,” ungkap Michael Boyd, Engineering Manager of Display Technology and Advanced Development for Yazaki North America Inc.

Untuk kendaraan hibrida dan listrik, meter kombinasi harus dapat menayangkan informasi pengisian dan pemakaian energi listrik, efisiensi saat mobil menggunakan motor listrik (mode listrik), jarak yang bisa ditempuh berdasarkan energi pada baterai dan bahan bakar di tangki, tenaga yang dihasilkan motor listrik, serta informasi lainnya.
Ditambahkan, fitur seperti informasi tenaga mobil, interface buat data, USB dan jack video nantinya juga bisa melengkapi sistem.

“Susunan konfigurasi bisa disesuaikan dengan selera pemakai mobil, termasuk mengganti citra dan gambar latar belakang layar. Kemungkinan lain, bisa menayangkan performa mobil, menyimpan album audio, dan interface untuk input kamera video,” tambah Boyd. Makin ribet saja tuh mobil nantinya!
sumber: kompas.com
Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: ,
Nama Mbah Surip semasa hidupnya mungkin selama ini hanya dikenal di Indonesia. Namun, siapa menyangka, begitu meninggal, ia bisa langsung terkenal di seantero jagat.

Kenapa? Hanya dalam hitungan jam, berita mengenai Mbah Surip langsung melesat menjadi topik terpopuler di Twitter. Situs jaringan microblogging tersebut menempatkan kata kunci "Mbah Surip" di peringkat pertama, mengalahkan topik-topik lainnya, seperti Michael Jackson bahkan pemilu di Iran.

"Hahahahahha... banyak bule nanya 'WHO IS MBAH SURIP?' hahahha...," tulis pengguna Twitter dengan inisial JaneAdelaide. Bisa dibayangkan, seperti itulah reaksi orang-orang AS, Jepang, Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan saat memantau Twitter dan menemukan posting Mbah Surip ini.

Sejak kabar meninggalnya Mbah Surip, penyanyi nyentrik yang terkenal dengan lagu "Tak Gendong" itu, Selasa (4/8), informasi tersebut memang langsung tersebar di dunia maya. Twitter salah satu tempat mengomentari kabar yang mengejutkan tersebut.

Kebanyakan tulisan di Twitter seputar ucapan duka cita atas kematian Mbah Surip. Namun, sejak masuk ke dalam Trending Topics Twitter siang harinya, banyak yang mengomentari fenomena tersebut.

"Gileee mbah surip jadi trending topics HA HA HA," tulis pengguna Twitter berinisial Selviavira.

Twitter saat ini memang telah bertransformasi, tidak hanya menjadi situs microblogging yang melakukan update status semua anggotanya. Seiring pengguna yang banyak, Twitter menjadi alternatif situs berita. Posting status pengguna Twitter menjadi berita terhangat yang dapat dilihat semua orang, termasuk yang bukan pengguna Twitter.

sumber : kompas.com


Diposkan oleh ditho's wEb siTe Label: