Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Wikipedia adalah ensiklopedia multibahasa dalam jaringan internet yang disusun agar dapat dibaca dan disunting oleh siapa pun juga. Isinya ditulis secara bersama-sama oleh para penggunanya. Sponsor


Wikipedia diawasi dan didukung oleh Yayasan Wikimedia, sebuah lembaga nirlaba.Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, ia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat.


Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas online yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia [1]. Lima hari kemudian Wikipedia pun secara resmi diluncurkan.
Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam projek Wikipedia.

  1. Wikipedia adalah ensiklopedia utama.
  2. Wikipedia adalah sebuah wiki yang dapat diubah oleh setiap orang (kecuali untuk pengguna yang diblok dan pengecualian di halaman terlindung)
  3. Wikipedia mengandung isi bebas dan menggunakan copyleft Lisensi dokumentasi bebas GNU

Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.


Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik, lihat Wikipedia:Mengapa Wikipedia tidak begitu hebat. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut, lihat Wikipedia:Balasan terhadap penolakan umum.


Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet."Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis," pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. "Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera."
Diposting oleh ditho's wEb siTe Label:

0 komentar: