Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger



Setelah dua pendahulunya laris manis di counter hape lewat E63 dan E71, Nokia kini berkonsentrasi untuk menjual paket anyar seri E yang dibungkus oleh alumunium-steel ala E52. Aroma bisnis, memang terlihat kentara dengan adanya variasi fitur yang ditanamkan pada jeroannya. Seperti urusan surat menyurat elektronik, fitur perkantoran, dan konektivitas handal.


Desain
Kualitas material yang lebih baik, kini dimiliki oleh E52 dibandingkan seri pendahulunya E51. Bahan kokoh ‘steel’ dikombinasikan dengan aluminium membuat E52 mempunyai berat yang tetap ringan. Bobotnya yang cuma
98 gram, tak membuatnya terlihat ringkih. Bungkus casing berwarna abu-abu silver, justru menonjolkan kesan futuristik pada hape. Meski terbilang junior dan tak menonjol dengan desain keypad qwerty, E52 mengesankan gaya minimalis dan fungsional. Maka, jangan heran jika salah satu situs memberikan skor 8,5 untuk peranti ini pada bagian desainnya.

Nah, sekarang Sinyal akan menuntun Anda untuk sedikit demi sedikit melihat lebih dekat E52. Pada bagian muka, layar dengan ukuran 240x320 piksel, 2,4” sudah menyapa Anda dalam menampilkan fitur-fitur andalan. Dengan kedalaman 16 juta warna, E52 bisa dengan ramah menyapa sisi visual Anda dengan baik, minusnya hanya pada saat diterpa sinar matahari, tak terlihat dengan jelas display-nya. Jadi, Anda lebih baik menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, ketika ingin membaca pesan atau mengoprek menu E52.

Pindah ke bagian pencet-memencet tombol, keypad dengan tombol alfanumerik yang memiliki penampang cukup besar bisa Anda coba. Meski jemari Anda tergolong besar, menurut Sinyal tetap akan terasa nyaman dengan E52 dalam mengetik huruf demi huruf. Lazimnya dengan seri E, Nokia menyediakan beberapa shortcut untuk memudahkan dalam pengoperasian peranti bergerak ini. Tombol home, kalender, pesan, dan clear bisa dapat dengan gampang Anda pakai, karena tombolnya dibuat sedikit menyembul keluar. Untuk tombol navigasi, E52 menyediakan tekstur agak kasar untuk membuat jemari tak terpeleset.

Sekarang beralih ke tepi hape, bagian kiri hanya ditemui port charger yang merangkap sebagai port kabel data sekaligus berukuran Micro USB. Di kanan, Anda akan menjumpai beberapa tombol. Diantaranya tombol pengaturan volume, yang mengapit tombol voice command. Sedangkan pada bagian paling bawah, shortcut kamera sudah nangkring di situ. Untuk bagian atas, port jack 3,5mm dan tombol on-off diletakkan. Last but not least, pada bagian belakang hape, speaker, kamera dan lampu kilat LED berjajar rapi menghiasi punggung E52.


Internet dan Konektivitas
Soal jaringan internet Anda bisa menggunakan kemampuan E52 untuk menjelajah dunia virtual. Pencarian situs sumber informasi dapat dengan mudah ditemukan, tatkala lokasi coverage area si operator juga dalam kondisi terbaik. Sebab, dukungan HSDPA 900/2100 akan terasa sia-sia, jikalau kemampuan jaringan operator tak memenuhi syarat untuk mengakses jalur data yang ingin digunakan.

Lewat trial and error yang dilakukan Sinyal terhadap E52, proses buka tutup akses menuju situs, semacam Facebook dan detiksport di bilangan Bekasi tempat berdomisili tidak mengalami kendala berarti. Yang lebih enaknya lagi Anda bisa melakukan chat via Windows Live Messenger yang sudah disediakan oleh Nokia lewat menu aplikasi-nya. Tapi jika ingin menyematkan aplikasi tambahan ya monggo untuk diunduh.

Koneksi nirkabel lain, yang bisa Anda jajal melalui perangkat E52, yakni pemanfaatan Wireless Fidelity atau yang lebih akrab disebut WiFi dalam memanfaatkan titik panas yang menjamur di seantero ibukota. Pemakaiannya pun sangat mudah tinggal klik saja ‘Searching for WLAN’ untuk mencari area hotspot di sekitar lokasi Anda berada yang menyediakan jaringan hotspot, jika sudah, tinggal selaraskan deh dengan penyedia jaringan. Fitur ini, kadang membutuhkan jarak yang tak terlampau jauh sebab bisa saja koneksi terputus dan proses internet-an Anda menjadi terganggu.

Untuk koneksi lainnya, perangkat bisnis ini bisa dipakai untuk melakukan pentransferan data menggunakan perangkat umum yang ada, seperti Bluetooth untuk memindahkan file dengan peranti lain yang menggunakan perangkat sejenis. Satu lagi, Anda dapat melakukan transfer dengan kabel data Micro USB lewat komputer yang disediakan pada paket penjualan E52.

Menu dan E-mail
Layaknya ponsel kelas bisnis tentu saja Nokia sudah membekali ponsel E52 ini dengan perangkat menu-menu pendukung hape yang mencerminkan kegiatan perkantoran. Nah, beberapa menu pendukung ponsel ini ialah OS Symbian, peta GPS, Email, dan menu kantoran. Untuk OS Symbian mungkin kata itu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dengan OS symbian Anda dapat lebih bereksplorasi menggunakan aplikasi berbasis Symbian serta JAVA.

Sayangnya, untuk ponsel atau perangkat yang telah memiliki OS, khususnya symbian mesti lebih waspada ketika menggunakan transformasi data nirkabel atau kabel data via PC. Karena Anda harus berhati-hati mengingat banyaknya virus yang bisa masuk ke tubuh hape Anda. Sebaiknya Anda melakukan pengunduhan anti virus sebagai pencegahan dan perawatan hape E52.

O ya, untuk GPS bisa diistilahkan dengan (Global Positioning System) yaitu suatu perangkat pemetaan yang memungkinkan Anda untuk mengetahui keberadaan Anda berada atau bagaimana jalan menuju tujuan yang belum tentu arah. Perangkat semacam ini pertama dikembangkan oleh Nokia pada ponsel seri 6110/ 6210 Navigator. Dan pada E52, Anda bisa melakukan proses Navigasi dengan mudah. Silahkan Anda masuk ke Menu>Apikasi>GPS>Peta. Dan jika anda ingin menelusuri jalan yang dituju, Anda bisa pilih ‘Telusuri’ kemudian gulirkan ke Pilihan>Pencarian alamat.

Sedangkan dua fitur lain, yaitu Email yang kerap kali digunakan sebagai jalur pertukaran informasi yang sering kali di-update, Anda bisa memaksimalkan kinerja E52. Masuk saja ke wizard email, Anda bisa langsung membubuhkan nama e-mail Anda dan password-nya untuk mendapatkan fasilitas push mail. Biarkan proses loading berjalan kemudian secara realtime Anda akan mendapat kiriman email seperti layanan BlackBerry yang sedang marak di Indonesia. Termasuk membaca file lampiran yang disertakan oleh si pengirim.

Layanan lainnya yang tak kalah penting, Anda bisa membaca dokumen-dokumen penting pada E52 dengan memanfaatkan adanya beberapa fitur yang dibenamkan. Seperti format PDF, dengan adanya Adobe Reader LE 1.5. Sementara untuk menu perkantoran Anda bisa menggunakan Quick Office sebagai salah satu perangkat lunak untuk membaca file berbasis Microsoft office yang lazim dipakai pengguna kantoran.


Kamera
Menarik untuk disimak, E52 hanya mengusung kamera beresolusi besar mencapai 3,2MP, yang berarti sama dengan kamera N78. Bedanya, kualitas kamera E52 berada di bawahnya, sebab minus optik Carl Zeiss dan autofocus, membuat hasil jepretan menjadi kurang maksimal. Mungkin Nokia tak perlu mengeksplor di sisi ini, karena memang kebutuhan utamanya bukan di sini.

Kendati hasilnya kurang memadai untuk ukuran hape di kelas tiga jutaan rupiah, E52 mengadopsi beberapa fitur yang bisa mengoptimalkan kinerja fitur dokumentasi ini adalah solusinya. Caranya, dengan mem-push settingan kamera ke arah maksimal dengan resolusi maksimal, hindari pemotretan di tempat yang bercahaya ala kadarnya, Lakukan angle yang menarik agar mendapatkan hasil terbaik. Terakhir, gunakan sub fitur pendukung sesuai dengan kebutuhan Anda dalam memotret.

Berikut Sinyal ulas fitur pendukung kamera 3.2 MP, 2048x1536 pixels, enhanced fixed focus, LED flash E52 ini. Dimulai dari Scene Modes (Modus Pengambilan Gambar) ada Auto, User Defined, Portrait, Landscape, Sports, Night, dan Night Potrait. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengaturan flash sesuai dengan tingkat kebutuhan, misalnya jika Anda di luar ruang dengan terpaan sinar matahari yang kuat, Anda tidak perlu menggunakan flash. Pilihannya On/Off, Automatic, dan Reduce red. Yang terakhir Sinyal sebutkan untuk mengeliminir imbas mata merah terkena lampu kilat. Selain itu, Sequence Mode (Waktu Pemotretan) pada menu ini Anda akan diberi pilihan pemotretan dimulai dari Single Shot, Sequence, 10 detik, 30 detik, tiap satu menit sampai 30 menit

Masuk pada Image Setting Kamera>Image Quality, disediakan 3 ukuran gambar apabila Anda ingin mencetak kertas foto. Untuk ukuran kecil atau yang pertama adalah ukuran (480x640) yang setara untuk ukuran MMS. Kemudian ukuran medium 2 megapixel untuk ukuran kertas 7x5 inci (18x13cm). Untuk ukuran terbesar atau 3 megapixel yang ditujukan print diatas kertas ukuran maksimal 10x8 inci (25x20cm).

Audio Player
Keberadaan fitur yang satu ini, tak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi bagi mereka yang doyan musik dan tak bisa lepas dari yang namanya handsfree di telinga. Seperti pendahulunya, yakni E51, kualitas bermusik E52 tetap bisa diandalkan. Speakernya renyah dan output suaranya memang bukan asal berisik tetapi sudah mengalami filter sehingga tak cempreng ketika sampai di telinga.

Di dalam sub fiturnya ada beberapa pengaturan dalam tampilan audio milik E52 ini salah satunya ialah tampilan Equalizer, dalam tampilan equalizer ada 5 pilihan suara yang bis Anda jajal sesuai dengan selera Anda. Di sana terdapat 5 pilihan settingan yaitu Bass Booster, Classical, Jazz, Pop dan Rock. Bila kelimanya dirasa kurang Anda bisa melakukan settings equalizer sendiri dengan mengatur tinggi rendah parameter hertz dan Kilohertz yang diinginkan.

Satu lagi ialah Setting Audio dalam menu setting audio Anda bisa dapatkan 3 pilihan lagi mulai dari Balance (pembagian suara speaker), Loudness dan Stereo Widening. Bila Anda menginginkan keluaran suara lebih maksimal, maka tempatkan stereo widening dan loudness pada posisi On, keseimbangan ditengah dan pada menu equalizer pilih bass booster.

Kurang puas dengan perangkat hiburan berupa MP3/MPG-4 Player, seperti biasa pihak Nokia kembali menghadirkan FM Radio pada setiap ponsel kelas atasnya. Nah perangkat FM Radio yang ada pada E52 sedikit banyak bisa membantu Anda yang menginginkan perangkat hiburan musik sekaligus informasi terkini. Syaratnya, tinggal colokkan handsfree, kemudian cari deh stasiun radio kesayangan. Mudahkan!!!

Kualitas lebih baik Sinyal dapatkan ketika menggunakan earphone bawaan hape, tampilan suara lumayan baik. Paling tidak, kehadiran E52, tak hanya mendukung fitur serius melainkan fitur hiburan yang bisa menghilangkan rasa penat yang mendera lewat musiknya. Karena kualitas suara melalui earphone sangat seimbang baik treblle maupun bass. Memang tak secemerlang seri Xpressmusik, tapi cukup untuk mengisi waktu bersantai.


Baterai & Lainnya
Nilai plus E52 terletak pada daya tahan baterainya. Menurut klaim Nokia, hape ini bisa digunakan untuk bicara non-stop 8 jam dan standby mencapai lebih dari 23 hari. Tetapi dari hasil pemakaian Sinyal baterai memang awet dan mampu bertahan 4-6 hari tergantung intensitas pemakaian. Tak cepat loyo, ketika sedang dalam keadaan darurat dan dibutuhkan. Maklum namanya hape bisnis kalau cepat ngedrop, bisa-bisa urusan bisnis terbengkalai dunks…

O ya, hampir lupa, kapasitas penyimpanan pada E52 juga terkategorikan raksasa. Tak tanggung-tanggung memorinya bisa dipush hingga ke angka 16GB. Jadi, bagi Anda yang menginginkan hape bisnis dengan music bagus dan berkapasitas besar, tak ada salahnya membidik E52.


Pendapat Kami
Hape bisnis keluaran Nokia dengan label E52 ini sepertinya memang ditargetkan untuk kepentingan bisnis di level mid to high. Keunggulan konektivitas dan lengkapnya menu kantoran tak urung membuat fitur tersebut menjadi penggoda di kalangan pebisnis.
Bandrolnya yang tak terlalu mahal, membuat E52 menjadi pesaing ulung bagi para kompetitornya. Tak ayal, pilihan end user menjadi beragam dengan hadirnya sosok hape batangan berwarna metal dengan material alumunium ini.

Sumber: Sinyal

PLUS: Bobot ringan, fitur bisnis lengkap, dan memiliki konektivitas baik serta baterai yang awet.

MINUS: Pada fitur kamera tak disertai Autofocus, dan lensa Carlzeiss sehingga hasil gambar kurang maksimal.


RIVAL

Sony Ericsson C903
Sama-sama memiliki fitur yang lengkap, hape besutan dari Sony Ericsson ini memang memiliki nilai plus di ketangguhan pada fitur kameranya yang mencapai kerapatan piksel hingga 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash.

Terlebih lagi desain sliding-nya membuat tampilan C903 lebih elegan, membuatnya makin percaya diri dalam merangsek kelas mid to high. Kemampuan lainnya yang boleh diadu, yakni hadirnya fitur GPS, WiFi, dan HSDPA yang juga berkualitas baik.


SPESIFIKASI Nokia E52
OS/Prossesor : Symbian OS, S60 rel. 3.2/ ARM 11 600 MHz processor
Dimensi : 116x49x9,9 mm
Bobot : 98 g
Baterai : Li-Ion 1500 mAh (BP-4L)
Jaringan : 2G GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100
Layar : TFT 16 juta warna, 240x320 piksel, 2,4 inci
Memori internal : 60MB
Memori eksternal : microSD (TransFlash), up to 16GB
Konektivitas : HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps, GPRS Class 32, EDGE 296 / 178.8 kbits, Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology, Bluetooth A2DP, Kabel Data Micro USB.
Kamera : 3,2MP, 2048x1536 pixel, enhanced fixed focus, LED flash, kamera kedua untuk Video Call
Messaging :SMS,EMS, MMS, Email.
Aplikasi : A-GPS support; Nokia Maps 3.0, Digital compass, Windows Live Messenger, Dictionary, Traveler, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF) incl. MS Office 2007, JAVA Supported.
Isi paket :Handset Nokia E52, Baterai, Handsfree, Kabel Data Micro USB, Charger, Kartu Garansi, Manual Book.
Waktu bicara : 8 jam
Waktu siaga : 672 jam
Lain-lain : MP3 Player MP3/WMA/WAV/RA/AAC/M4A, 3.5 mm audio jack, Accelerometer sensor for auto-rotate, WAP 2.0/xHTML, HTML, Radio Stereo FM radio with RDS, Games N-gage + downloadable, Video Player WMV/RV/MP4/3GP, Voice memo, T9, pilihan warna Metal Grey Aluminium, Golden Aluminium, Graphite Grey.

sumber : kompas.com
Diposting oleh ditho's wEb siTe Label: ,