Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Penyakit ayan atau sawan (epilepsy) masih belum diketahui dengan jelas penyebabnya yang pasti. Rupanya keturunan juga memberikan pengaruh akan adanya penyakit ini.

Terlampau gembira, sembelit, pengerahan tenaga, minum – minuman yang mengandung alkohol ternyata mempercepat serangan kepada banyak penderita. Gangguan tumor pada otak kadang – kadang menimbulkannya juga.

Biasanya serangan penyakit ini muncul pada waktu – waktu musim hujan, mendung, angin yang dingin dan sebangsanya. Si penderita mungkin tiba – tiba menjadi pingsan, jatuh dan terus kejang gagau. Penyakit ini mungkin tidak diketahui terlebih dahulu oleh si penderita, tetapi kebanyakan penderita merasakan akan datangnya serangan sawan itu. Dengan demikian sempatlah ia duduk atau berbaring menunggu serangan penyakit itu.

Untuk menanggulangi penyakit ini, berikut ini akan diberikan dua alternatif terapi :

1.Terapi Alamiah

2.Terapi Ilahiyyah

1.TERAPI ALAMIAH

1.Longgarkan pakaian, teruitama leher baju.

2.Tahanlah si penderita dalam rumah, terpelihara dari angin atau udara dingin.

3.Bukakan mulutnya dan masukkanlah saputangan yang telah digulung pada mulut penderita. Untuk menjaga jangan sampai ia menggigit lidah atau bibirnya.

4.Minyakilah kepalanya dan seluruh badannya dengan minyak yang baik, dan berilah ia makan dengan makanan yang bersifat panas lembab dan berminyak.

5.Janganlah memberikan perangsang atau obat penyegar badan kepadanya.

6.Setetlah tingkatan yang keras dari serangan itu sudah berlalu, jagalah supaya si penderita diselimuti hingga ia sudah mendapat kesadaran kembali. Kemudian jagalah ia sampai ia mendapat pikiran yang terang kembali.

sumber : radensomad.com
Diposting oleh ditho's wEb siTe Label: ,