Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger


Tirai Premier League 2009/2010 segera dibuka. Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Inggris itu akan dimulai akhir pekan ini. Sebagai juara bertahan, Manchester United mendapatkan banyak sorotan. Hal itu tak lepas dari kurang mengesankannya persiapan United.

Kekalahan 1-4 lewat adu penalti dari Chelsea di ajang Community Shield , Minggu lalu (9/8) menjadi warning bagi United. Setelah ditinggal Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez, lini depan Setan Merah - julukan United - tampak tak lagi menakutkan. Dua pemain anyar, yakni Michael Owen dan Antonio Valencia, pun belum memberikan kontribusi maksimal.

Di sisi lain, para pesaing United terus berbenah. Chelsea, misalnya, semakin solid seiring kehadiran pelatih baru asal Italia Carlo Ancelotti. Sebelum meraih trofi Community Shield, Ancelotti sukses membawa The Blues - julukan Chelsea - menjadi yang terbaik di ajang World Football Challenge (WFC) di Amerika Serikat (AS).

United bukan tanpa persiapan. Klub raksasa Inggris itu memadukan kekuatan dengan menggelar tur Asia dan mengikuti turnamen pramusim. Tapi, hasilnya pun kurang menggembirakan. Setan Merah kalah adu penalti dari Bayern Munchen pada final Piala Audi.

''Ada banyak pemain hebat yang pergi dari klub ini sebelumnya. Tapi, manajer selalu mampu mengatasinya. Kami pernah kehilangan Bryan Robson dan kemudian Eric Cantona. Tapi, dua musim berikutnya kami juara Liga Champions,'' kata Ryan Giggs, penggawa senior United, seperti dilansir Telegraph.

United boleh menguasai tiga edisi terakhir Premier League. Namun, beban mempertahankan gelar musim ini semakin berat. Beruntung, jadwal di pekan-pekan awal cukup membantu Setan Merah.

United akan menjamu tim promosi Birmingham City pada laga perdana di Old Trafford pada Minggu nanti (16/8). Setelah itu, Giggs dkk akan meladeni Burnley pada pekan kedua. Setelah meladeni Wigan Atletic (22/8), United baru menjamu lawan berat di pekan keempat (29/8), yakni Arsenal.

United terbilang kerap telat panas di awal musim. Itu terjadi pada dua musim terakhir. Nah, hal itu bisa dimanfaatkan oleh para pesaingnya. Pelatih Liverpool Rafael Benitez menilai, jika United mengawali musim ini dengan buruk, mereka akan kembali berburu pemain.

''Terlihat jelas United telah kehilangan sesuatu tanpa Ronaldo dan Tevez. Mereka masih punya banyak pemain berkualitas. Ferguson masih punya banyak uang. Tapi, jika sesuatu tidak berjalan baik, akan ada pembelian besar,'' kata Benitez seperti dkutip Tribalfootball.

Kekalahan dari Chelsea menjadi pertanda. Apalagi, di awal musim ini United kehilangan beberapa pemain penting karena cedera. Di antaranya Edwin van der Saar (kiper), Nani (gelandang), dan Nemanja Vidic (bek).

Meski begitu, Ancelotti menilai United tetaplah tim yang tangguh. ''Manchester adalah lawan yang sangat penting karena mereka tim yang hebat. Mereka punya banyak pemain berpengalaman,'' ungkap mantan pelatih AC Milan itu seperti dilansir Reuters.

Hasil di Community Shield sedikit merubah bursa taruhan. Kini Chelsea lebih dijagokan merebut trofi Premier League daripada United. Tapi, kompetisi nan panjang belum dimulai. Semua kemungkinan bisa terjadi.
sumber: kompas.com
Diposting oleh ditho's wEb siTe Label: ,

0 komentar: